Mendorong Literasi dan Pendayagunaan Perpustakaan : Transformasi Digital Menuju Pengetahuan yang Lebih Luas

Admin


Tracal 
mtsdhMendorong Literasi dan Pendayagunaan Perpustakaan : Transformasi Digital Menuju Pengetahuan yang Lebih Luas. Jum'at 03/082023.

Gema semangat literasi dan pengembangan perpustakaan terdengar jelas di Gedung Perpustakaan Daerah Lamongan, saat bimbingan teknis pengelolaan perpustakaan berbasis digital diadakan. Acara ini mengusung tujuan besar: meningkatkan pentingnya literasi dan pendayagunaan perpustakaan sebagai media krusial dalam menumbuhkan pengetahuan masyarakat.

Dalam upaya menjawab tantangan era digital yang terus berkembang, perpustakaan harus bertransformasi untuk tetap relevan dan efektif dalam menyebarkan ilmu pengetahuan. Bimbingan teknis ini diikuti oleh berbagai kalangan, termasuk para pustakawan, pengelola perpustakaan, dan perwakilan sekolah-sekolah di Lamongan.

Salah satu Madrasah yang beruntung mendapatkan kesempatan untuk mengikuti diklat ini adalah MTs. Darul Hikam. Dua wakil dari MTs. Darul Hikam, Abdur Rouf, S.H.I dan Maulita Oktavia, S.Pd, hadir dengan semangat dalam acara tersebut, mewakili bidang pelayanan di perpustakaan madrasah.

Pada akhir acara, para peserta diperkenalkan dengan INLISTLite, sebuah aplikasi digital pengelolaan perpustakaan yang dikembangkan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) sejak tahun 2011. Aplikasi ini bertujuan untuk mempermudah pengelolaan dan akses informasi di perpustakaan secara lebih efisien.

Salah satu Nara Sumber dalam Acara Tersebut mengungkapkan, "Perpustakaan adalah jendela dunia pengetahuan. Dengan adanya teknologi seperti INLISTLite, perpustakaan dapat menjadi lebih terjangkau dan bermanfaat bagi semua kalangan."


Salah satu momen puncak dalam acara tersebut adalah saat perwakilan dari MTs. Darul Hikam, Maulita Oktavia, S.Pd, diumumkan sebagai salah satu dari 5 peserta terbaik dari berbagai peserta yang hadir. Ini merupakan prestasi yang membanggakan dan sekaligus menunjukkan komitmen MTs. Darul Hikam dalam mendorong literasi dan pemanfaatan teknologi dalam pengelolaan perpustakaan.

Dalam kesempatan tersebut, perpustakaan daerah mengungkapkan harapannya bahwa semua perpustakaan sekolah yang mengikuti bimbingan teknis ini dapat terdaftar dalam perpustakaan nasional dan mendapatkan akreditasi. Transformasi digital dalam pengelolaan perpustakaan diharapkan akan membawa dampak positif yang lebih luas, memperluas akses pengetahuan bagi generasi muda dan masyarakat secara keseluruhan.

Melalui bimbingan teknis ini, semakin terasa bahwa literasi dan perpustakaan digital adalah kunci untuk membuka pintu pengetahuan yang lebih luas dan menyediakan sumber daya yang berharga bagi masa depan yang penuh potensi. Dengan semangat yang membara, para peserta berkomitmen untuk melanjutkan perjuangan dalam mendorong literasi dan memaksimalkan peran perpustakaan dalam menjembatani akses terhadap pengetahuan.

Tags